-->

Lebah Atau Robot?

Friday, October 5, 20120 komentar


Lihatlah @ku - Ilmuwan dari Universities of Sheffield dan Sussex mengembangkan desain purwarupa robot lebah yang dapat bergerak otomatis tanpa perlu diperintah oleh pembuatnya. Robot pintar tersebut akan memiliki "otak" yang dibenamkan untuk dapat terbang dan bergerak sesuai keinginannya.

Mesin yang ditanamkan pada robot ini, kabarnya akan mampu bergerak lebih cepat ketimbang manusia. Selain itu, robot diprogram untuk dapat "berpikir" untuk menemukan objek serta kemampuan serupa indera penciuman untuk mengenali bau tertentu.

Laporan dari Universities of Sheffield dan Sussex menjelaskan bahwa "otak" pada robot lebah itu didesain untuk tidak hanya meningkatkan Artificial Intelligence (AI). Namun, robot itu juga dikembangkan menjadi robot pertama yang dapat terbang serta bergerak tanpa diperintah oleh penciptanya.

Apabila pengembang robot, James Marshall dan Thomas Nowotny berhasil menciptakan "otak" untuk robot terbang tersebut, maka robot tersebut dapat melakukan tugas-tugas rumit yang serupa dengan hewan maupun serangga lainnya.

Tidak hanya itu, laporan juga mengungkapkan bahwa robot itu nantinya dapat difungsikan untuk misi pencarian dan penyelamatan. Bahkan, konon robot itu dapat dimanfaatkan guna menggantikan posisi lebah asli dalam proses penyerbukan tanaman.

"Pengembangan 'otak' buatan merupakan salah satu tantangan terbesar dalam Artificial Intelligence. Sejauh ini, peneliti telah mempelajari otak dari beberapa makhluk hidup seperti tikus, kera dan manusia," jelas Marshall. Ia juga mengatakan bahwa serangga memiliki kehidupan sosial pada habitatnya, dan ini merupakan kemampuan kognitif yang canggih.

Proyek bernama "Green Brain", sebagian didukung oleh produsen prosesor grafis NVIDIA. Proyek ini juga bertujuan membangun perangkat "Blue Brain", yang mendapatkan bantuan dari IBM untuk mendukung gagasan yang lebih kompleks, yaitu mereplika otak manusia.




Saat ini agan sedang membaca artikel Lebah Atau Robot? di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)
Share this article :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)

 
Support : Lihatlah @ku | Pusat Otomotif
Copyright © 2012. Lihatlah @ku - All Rights Reserved | Protected By DMCA
Template Created by Creating Website Modify by Lihatlah @ku
Proudly powered by Blogger