Pertemuan Bangsa Viking dengan Suku Indian

Lihatlah @ku - Seorang arkeolog Kanada mencari bab yang lenyap dalam sejarah Dunia Baru.

ADA YANG GANJIL DARI UNTAIAN TEMALI ANEH INI.

Patricia Sutherland langsung melihatnya: kesamaran yang aneh dan begitu lembut. Untaian tali-temali ini berasal dari permu­kiman yang ditinggalkan di ujung utara Pulau Baffin di Kanada, jauh di atas Lingkar Arktika dan sebelah utara Teluk Hudson.

Di tempat itu, para pemburu pribumi menghangatkan diri dengan lampu minyak anjing laut sejak sekitar 700 tahun yang lalu. Pada 1980-an, seorang misionaris Katolik Roma pun kebingungan menangani untaian lembut tersebut setelah meng­gali dari reruntuhan yang sama.

Tali-temali yang terbuat dari rambut pendek yang dicabut dari kulit kelinci Arktika itu tidak mirip dengan urat yang dipilin pemburu Arktika menjadi untaian tali. Bagaimana untaian ini sampai ada di sini? Jawabannya tidak terbayangkan oleh pendeta tua itu sehingga dia menyimpan untaian itu dengan barang temuannya yang lain, dan mengirimkannya ke Canadian Museum of Civilization di Gatineau, Quebec.

Sekian tahun pun berlalu. Kemudian, suatu hari pada 1999, Sutherland, seorang arkeolog Arktika di museum itu, menyelipkan untai­an itu ke bawah mikroskop dan melihat bahwa seseorang telah memilin rambut-rambut pendek itu menjadi benang halus. Tetapi, penduduk prasejarah Pulau Baffin bukanlah pemintal atau penenun; mereka menjahit pakaiannya dari kulit dan rambut. Jadi, dari manakah asal benang pintalan ini?

Sutherland bisa menebaknya. Dia segera mengangkat telepon dan menghubungi seorang arkeolog di Denmark. Beberapa minggu kemudian, seorang ahli tekstil Viking memberikan informasi bahwa untaian yang ditemukan di Kanada itu adalah bahan baku untuk benang yang dibuat oleh kaum wanita Norse di Greenland. “Saya langsung tertegun,” kenang Sutherland.

Penemuan ini membangkitkan pertanyaan menggoda dan mendorong dilakukannya ekspedisi ilmiah selama lebih dari satu dasa­warsa. Apa­kah serombongan kesatria Norse mendarat di pantai Pulau Baffin dan menjalin persahabatan dengan para pemburu pribumi? Apakah benang ini adalah kunci untuk meng­ungkap bab yang telah lama menghilang dari sejarah Dunia Baru?



Saat ini agan sedang membaca artikel Pertemuan Bangsa Viking dengan Suku Indian di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)