Responsive Ads Here

Saturday, March 16, 2013

Berbagai Fitur Windows Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Lihatlah @ku - Windows 8 adalah sebuah sistem operasi yang cukup membawa perubahan besar dari generaasi sebelumnya yaitu Windows 7. Banyak sekali beberapa fitur Windows 8 yang masih banyak orang belum mengetahuinya. Kali ini Paseban akan mencoba mengulas mengenai beberapa fitur tersembunyi pada Windows 8. Namun, sebelum melakukan perubahan pada sistem Windows 8 Anda, ada baiknya Anda melakukan proses backup registry menggunakan aplikasi Registry Editor atau aplikasi CCleaner

Mengaktifkan Fitur Aero Di Windows 8

Fitur Windows 8 yang mungkin Anda belum ketahui yaitu fitur Aero, Gayadesktop pada Windows 8 sudah diperbarui dan memiliki tampilan yang sangat berbeda dari yang terlihat pada Windows7. Pada Windows 7, fitur Aero dapat dinonaktifkan sedangkan pada Windows 8 Anda dapat beralih ke tema tersembunyi yaitu Aero Lite theme, di mana fitur ini tidak akan Anda temukan pada Control Panel

Untuk mengaktifkannya, tekan logo Windows+R pada keyboard kemudian buka folder Resources. Buka folder Themes > Aero lalu salin file aerolite.msstyles ke dalam folder tersebut, klik file tersebut lalu klik kanan Run as Administrator. Dengan tema ini maka tema Windows Aero yang ada pada Windows 7 dapat dimunculkan kembali.

Lakukan proses menyalin (copy) pada desktop, setelah itu klik kanan kemudian klik pilihan Open with.., lalu buka menggunakan Notepad dan ubah baris ke 5 pada Notepad tersebut DisplayName= Aero Lite. Temukan file atau direktori pada [VisualStyles] lalu ubah menjadi Path=%ResourceDir%\Themes\Aero\Aerolite.msstyles. Simpan file tersebut lalu buka Control Panel > Change the Theme atau dengan cara klik kanan lalu pilih Personalization. Maka pilihan tema Aero Lite akan muncul di sana nantinya.

Mengatur Start Screen Animation

Ketika Anda pertama kali login ke Windows 8, Anda akan melihat sebuah animasi Start screen yang mengesankan. Namun animasi tile animation tersebut terkadang sangat lama untuk dapat bergerak. Untungnya, Anda dapat memodifikasinya lalu memungkinkan pengguna Windows 8 untuk memamerkan fitur grafis yang mengesankan ini kepada teman-teman Anda. Untuk memulai fitur Windows 8 ini tekan logo Windows+R pada keyboard atau dengan mengetikkan regedit untuk meluncurkan Windows 8 Registry Editor.

Setelah memnjalankan aplikasi Registry Editor tersebut (Regedit) kemudian cari subdirektori HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Grid, setelah menemukannya buka lalu edit value dari registri tersebut, pilih New>DWORD (untuk versi 32-bit), di mana namanya seharusnya adalah Launcher_SessionLoginAnimation_OnShow. Buka, lalu ubahlah value-nya menjadi 1, kemudian klik OK, kemudian tutup jendela Registry Editor. Ketika Anda akan membuka Start button, maka tiles pada Start Screen akan terdapat animasi. Jika cara ini dirasa terlalu rumit Anda bisa menggunakan aplikasi Start Screen Animation Tweaker.

Mengatur jumlah baris pada Start Screen

Pada pengaturan secara default, Start Screen akan menampilkan beberapa kotak yaitu 4 buah pada baris bawahnya. Anda dapat melakukan atau memodifikasi Start Screen tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mengaktifkan fitur Windows 8 ini tekan logo Windows + R pada keyboard untuk memanggil aplikasi Registry Editor. Setelah menjalankannya cari key registry HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Grid.

Jika sudah menemukannya buka dan cari Layout_MaximumRowCount. Jika Anda tidak menemukannya Anda dapat membuatnya dengan cara klik kanan, lalu pilih New>DWORD (untuk Windows 8 versi 32-bit). Setelah dibuat, kemudian masukan entry, ubah menjadi Decimal, Anda dapat memilih jumlah baris Start Screen dengan memasukan angkanya sesuai keinginan. Jika Anda tidak suka dengan jumlah barisnya Anda dapat menghapus registry tersebut.

Apps To Search

Jika Anda membuka Search Screen, yang ada pada sisi kanan layar maka akan ditampilkan semua aplikasi yang telah diinstal dari Windows Store. Namun mungkin ada di antara Anda yang masih kebingungan mengenai fungsi dari Search Screen ini pada Windows 8. BilaAnda membuka layar Cari, sisi kanan layar menampilkan semua aplikasi dan daerah yang akan bertanya. Setelah menjalankan pencarian, hasilnya bisa disaring dengan memilih dari aplikasi ini. Anda dapat menyesuaikan pilihan aplikasi yang ada dalam daftar dengan membuka Charm Bar pada Windows 8 dengan menekan kombinasi logo Windows + C pada keyboard, lalu buka Settings>Change PC Settings>Search dan ubah/switch terhadap pilihan yang ditampilkan. Jika Anda ingin aplikasi tersebut berhenti atau tersinkronisasi Anda dapat melakukan pengaturannya dengan cara mengkliknya menjadi ON atau pada posisi OFF. [AG]

Saat ini agan sedang membaca artikel Berbagai Fitur Windows Yang Mungkin Belum Anda Ketahui di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)