Responsive Ads Here

Tuesday, November 4, 2014

Komparasi Edmodo, LearnBoost, dan Schoology

1. LearnBoost


LearnBoost adalah aplikasi sistem manajemen kelas online yang terdiri dari sekelompok aplikasi untuk memanajemen kelas khusus atau bahkan seluruh sekolah. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur buku nilai, rencana pembelajaran, pengaturan kelas, tempat duduk siswa, jadwal, dan absensi. LearnBoost utamanya dirancang untuk guru, dimana selanjutnya orang tua dan murid bisa terlibat mengakses aplikasi ini. Dengan adanya sistem manajemen pendidikan online, maka siswa akan bisa mengevaluasi dirinya, orang tua juga bisa mengawasi kegiatan kursus atau sekolah harian dari anak-anaknya. Learn Boost sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang banyak, bahkan bisa juga terintegrasi ke perangkat teknologi seperti tablet atau smartphone.

Untuk bisa masuk, kamu terlebih dahulu harus mendaftar, dan ini bisa dilakukan dengan gratis atau menggunakan akun Facebook dan Google kamu. Saat proses registrasi, web aplikasi ini akan menanyakan jenis akun kamu, guru (Teacher), siswa (Student), atau orang tua (Parent). Setelah mendaftar, maka kamu bisa mengatur informasi spesifik seperti nama kelas (class name), mata pelajaran yang diajarkan (subject), nomor mata pelajaran (course number), school session (semester), mulai dan berakhirnya tahun ajaran atau kursus (start and end date), tingkat (grade level), jumlah siswa maksimum (maximum number of students) dan deskripsi singkat lainnya. Informasi ini bisa diedit oleh guru kapan saja. Guru juga bisa menampilkan portofolio diri, membuat materi pelajaran, atau menambahkan even tertentu ke kalender pendidikan. Sekali lagi PG mengingatkan bahwa aplikasi ini baru terasa manfaatnya bila kamu guru yang ingin melakukan manajemen online, atau pemilik kursus tertentu.

Kalau kamu sudah membuat kelas, maka akan hadir empat tab utama yaitu Administrasi (Administration), Buku nilai (Gradebook), daftar absen (Attendance) dan rapor (Reporting). Di Tab Administrator, guru bisa melihat dan mengedit info kelas dasar, peserta kelas (class roster), rencana posisi bangku (seating plan), jadwal (schedule) dan kebijakan (policy). Kamu juga bisa memilih informasi apa yang bisa diakses siswa dan orang tua.

2. Edmodo


Edmodo adalah jejaring sosial terbatas dengan guru sebagai pusatnya. Murid dapat masuk kedalam sebuah circle di Edmodo hanya apabila diundang oleh gurunya, karena itu murid tahu bahwa orang-orang yang ada di circle tersebut hanyalah teman-teman sekelasnya. Semua orang di Edmodo adalah anonimus, termasuk guru. Karena itulah semua orang bisa dengan bebas mengemukakan komentar, pertanyaan, jawaban, ide dan pendapat tanpa harus khawatir mempermalukan diri sendiri.

Agar suasana di circle Edmodo tetap kondusif, guru akan menjadi semacam pengawas. Guru dapat memberikan poin untuk murid pengguna yang pendapatnya bagus dan berguna. Guru juga dapat memberikan hukuman kepada murid pengguna yang tidak sopan atau mengganggu. Di Edmodo, tidak boleh ada singkatan-singkatan semacam bahasa SMS atau twitter. Bahasa yang digunakan harus formal dan jelas. Orang tua murid juga bisa bergabung di circle Edmodo anaknya.

Pasar utama Edmodo adalah para guru dan murid sekolah yang belum legal menggunakan jejaring sosial populer semacam Facebook atau Twitter. Memiliki tampilan dan sistem interaksi mirip Facebook, Edmodo mengajarkan para murid mengenai tanggung jawab, sopan santun, toleransi, etika jejaring sosial dan hukuman sosial sehingga apabila waktunya tiba mereka bisa menjadi pengguna jejaring sosial yang bertanggung jawab. Selain itu secara tidak langsung mereka juga belajar untuk mengemukakan pendapat secara terstruktur dan menulis. Edmodo juga dilengkapi dengan banyak game dan aplikasi yang membantu murid untuk belajar dengan interaktif dan menyenangkan. Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat di Edmodo.

3. Schoology


Tahukah Anda sebuah situs yang menggabungkan fitur jejaring sosial dan LMS? Diantaranya adalah Schoology, hampir sama dengan LearnBoost dan Edmodo. Schoology ada situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Jadi dengan Schoology kita bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology adalah sebagai berikut:

Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
Resources (Sumber Belajar)
Di dalam menu Course kita juga bisa membuat kuis/soal (ini yang tidak dimiliki oleh facebook) yang jenisnya banyak yaitu pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian singkat, dll. Bagusnya lagi kita bisa mengimport soal. Kelebihan soal online yang dimiliki oleh Schoolgy adalah kita tidak perlu memeriksa pekerjaan siswa. Dan soal-soal itu (biasanya bebentuk tugas) bisa dikerjakan di rumah, guru tinggal mengontrol dari jarak jauh. Untuk guru Matematika sangat dimanja dalam pembuatan soal di Schoology ini, yaitu dilengkapi dengan Symbol, Equation, dan Latex. Jadi semua jenis soal yang mengandung gambar, simbol, dan equation dapat ditulis di Schoolgy.

Di dalam pembelajaran tentu ada guru dan siswa. Untuk memasukkan anggota (siswa) yang ikut di kelas yang kita ampu kita cukup memberikan kode kepada siswa-siswa yang kita ajar.

TABEL PERBANDINGAN

PERBANDINGAN SISTEM
Edmodo
LearnBoost
Schoology
ARCHITECTURE
Sistem Kepengurusan Pembelajaran (LMS)
100% Cloud-based
Hubungan Sosial
ALAT PEMBELAJARAN
Pembelajaran Teratur & Pembelajaran Mandiri (Organizable Lessons & Self-Paced Learning)
X
Komunitas(Learning Community)
Media Komunikasi
Micro-Blogging
Content Migration & Imports
ALAT KEPENGURUSAN
Keabsahan (Autentification - SSO)
X
Pendaftaran Pengguna dan Pendaftaran Kursus
Kesesuaian Tema
X
X
Menentukan Peranan, Kebenaran, dan Setting
X
Menyediakan Google Apps
X


Referensi:

http://fatkoer.wordpress.com/2013/04/25/schoology-jejaring-soasial-yang-sangat-bermanfaat-bagi-guru-dan-siswa/
http://idgeekgirls.com/edmodo-aplikasi-jejaring-sosial-untuk-guru-dan-murid-belajar-berkolaborasi/
http://www.pusatgratis.com/layanan-online/learn-boost-aplikasi-manajemen-kelas-gratis-untuk-guru.html/
http://budi.staf.upi.edu/


Saat ini agan sedang membaca artikel Komparasi Edmodo, LearnBoost, dan Schoology  di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)