Responsive Ads Here

Friday, November 9, 2012

ASUS Slimbook X401U Yang Cocok Buat Gaming, Harga Cuma 3 Juta

Lihatlah @ku - Notebook kini semakin berevolusi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Jika dulu notebook hanya digunakan untuk mendukung pekerjaan ataupun tugas, kini notebook yang mengakomodasi kebutuhan game sudah mulai muncul di pasaran.Salah satunya ASUS Slimbook X401U. Ini adalah notebook yang hadir mengakomodasi kebutuhan game, tapi tetap mendukung kebutuhan pekerjaan. Slimbook ini adalah jawaban atas kebutuhan gaya hidup konsumen dengan menyediakan berbagai fitur dalam desain ringan dengan berat 1,7 kilogram dan tipis.

Slimbook ini juga dibenamkan prosesor dual core AMD APU, yang mengedepankan fitur visual grafis yang mendukung kemampuan grafis, tapi tak mengorbankan performa. APU di dalamnya terdiri atas kombinasi komponen CPU dan GPU (kartu grafis).

Dalam prosesor ini ikut ditanamkan grafis berbasis Radeon HD 6290 yang sesuai dengan game beresolusi High Definision (HD) seperti yang dijalankan dalam Xbox 360 dan Nintendo Wii.

Laptop dengan grafis bagus ini dijual seharga netbook. Tentu ini menjadi pemikat. Tapi seperti apa kinerja Slimbook ini? Berikut paparannya:

Desain

ASUS Slimbook X401U ini hadir dengan desain yang menarik dalam ketebalan kurang dari 1 cm. Bentang layar berukuran 14 inci dengan dibungkus material plastik. Namun, tetap terlindungi dari ancaman goresan, dan balutan materi glossy pada bagian belakang layar juga memudahkan genggaman penggunanya.

Dengan layar 14 inci membuat sudut pandang pengguna lebih nyaman dibandingkan dengan netbook yang terbatas dalam bentang layar maupun papan keyboard yang lebih kecil. Anda bisa lebih puas memandangi layar seluas 14 inci dengan kualitas grafis yang baik.

Apalagi, aspek rasio layarnya sudah 16:9. Layarnya berteknologi LED backlight beresolusi 1366 x 768 pixel.

Fitur Touchpad pada laptop ini lumayan luas, dengan menggunakan jari pengguna dapat menjelajahi layar dengan mudah. Bisa dengan dua atau tiga jari baik ke atas maupun ke bawah. Proses scrolling menjadi lebih cepat. Dengan fitur ini dengan mencubit maka tampilan layar bisa mengecil serta sebaliknya dengan dapat membuat tampilan layar semakin besar seperti mode zoom out.

Meski mudah, awalnya fitur ini sangat sensitif, dan terasa licin. Sehingga kadang secara tak sengaja, cursor 'lari' ke mana-mana. Namun jika pengguna sudah beradaptasi, touchpad bisa dikendalikan dengan mudah.

Dengan memanfaatkan ruang yang luas, ruang antar tuts tidak terlalu berhimpitan. Ini meminimalisir tingkat kesalahan ketik karena jarak antar tuts cukup lebar.

Slimbook X401U ini memiliki dimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm dengan bobot 1,76kg. Karena kurang dari 1 cm, laptop ini tidak dilengkapi dengan ruang untuk optical disk drive.

Sementara ruang pembuangan udara terletak di sisi kiri dan pada bagian bawah, bersandingan dengan port USB dan port pengisi daya baterai.

Konektivitas

Slimbook X401U ini memiliki beberapa konektivitas. Sisi sebelah kiri notebook ini tersedia dua port, yaitu satu port USB 2.0 dan port pengisi daya baterai. Sedangkan pada sisi kanannya, terdapat satu port USB 3.0, jack audio 3,5mm, penghubung HDMI, VGA output LAN RJ45 dan SD card.

Untuk audio, Slimbook X40U1 dibekali dengan SonicMaster Lite dengan speaker Altec Lansing, yang terletak di bagian kiri bawah papan keyboard. Untuk memutar lagu ataupun video suara nyaring, nyaman dan maksimal meski volume masih setengah. Namun saat memutar film 3D volume harus dimaskimalkan sampai akhir, baru suara terdengar cukup nyaman. Dari tes desibel suara, saat memutar film tersebut suara berkisar antara 65 sampai 80 db.

Performa

 
Slimbook X401U ini menggunakan prosesor AMD Accelerated Processing Unit (APU) dual-core C-60 1GHz dengan kartu grafis terintegrasi Radeon HD 6290 dan RAM 2GB DDR3. Untuk respon masuk ke sistem Windows 7, membutuhkan waktu yang cukup lama, satu menit lebih. Sementara untuk shutdown dari sistem, notebook ini butuh waktu 33 detik. Sedangkan jika dari posisi stand by, hanya butuh waktu instant on, 2 detik untuk kembali ke menu utama.

Dari sisi manajemen daya, notebook ini mampu standby sampai 75 hari. Jika digunakan dalam keadaaan normal manajemen daya bisa mencapai 4 jam.

Berdasarkan parameter Windows Experience Index, kemampuan prosesor mendapat rating 2,6 dari angka maksimum 7,9. Performa grafis mendapat rating 3,9 dan grafis game 3D ratingnya 5,5.

Saat digunakan untuk bermain game yang tergolong ringan, tak dirasakan ada masalah berarti. Grafis untuk game juga terlihat berjalan baik, meskipun sulit untuk digunakan bermain game kelas 'kakap'.

Teknologi Icecool cukup terbukti memangkas suhu panas notebook meski digunakan seharian, dari pagi sampai petang. Saat dicoba, notebook ini tetap maksimal dan tidak panas.

Kesimpulan

ASUS Slimbook X40U1 merupakan notebook grafis game yang mampu menampilkan kualitas gambar ataupun video definisi tinggi. Meski sudah dilengkapi dengan prosesor akselerasi AMD, waktu booting masih kurang maksimal untuk kelas notebook yang dikhususkan untuk para gamer.

Namun demikian, dengan kemampuan menjalankan video HD, notebook ini hadir dengan harga sekelas netbook dan manajeman daya yang cukup baik.

Spesifikasi Asus Slimbook X401U

Prosesor Accelerated Processing Unit (APU) AMD dual-core C-60 1GHz
Grafis Radeon HD 6290
RAM 2GB DDR3
Layar 14 inci aspek rasio 16:9, beresolusi 1366x768 pixel LED Backlight
Hard Disk 320GB kecepatan 5.400 rpm
USB 2.0, USB 3.0, jack audio 3,5mm, HDMI, LAN RJ45, SD card, VGA output, dan Wi-Fi
Web Camera 0,3MP
Dimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm
Bobot 1,76kg
Harga +- Rp. 2.900.000,00


(vivanews)


Saat ini agan sedang membaca artikel ASUS Slimbook X401U Yang Cocok Buat Gamingm Harga Cuma 3 Juta di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)