Responsive Ads Here

Monday, March 18, 2013

Mengenal Lebih Dalam Struktur atau Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Lihatlah @ku - Saat ini komputer sudah merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam kehidupan masyarakat. Komputer merupakan suatu alat bantu yang berguna untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan beberapa tugas. Komputer terutama digunakan oleh beberapa kalangan masyarakat yang memang sangat membutuhkan bantuan dari alat ini, seperti kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantor.

Khusus bagi mereka, komputer merupakan alat yang memang sangat diperlukan karena berperan penting dalam membantu mereka dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, baik oleh guru, dosen, maupun dari atasan pekerja di kantor. Namun, dibalik semua keperluan penting dengan komputer, masih banyak pihak yang belum mengetahui tentang struktur atau perangkat jaringan yang berada di dalam suatu komputer, baik itu mengenai perangkat keras (hardware) komputer ataupun mengenai perangkat lunak (software) komputer. Untuk itu, saat ini Paseban akan membahas mengenai perangkat jaringan komputer beserta fungsi-fungsinya yang diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih mengerti dan memahami tentang komputer.

Tipe–tipe Jaringan Komputer

Secara geografis, jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:

1.    Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah perangkat jaringan komputer yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai beberapa kilometer. Jaringan LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan untuk pemakaian sumber daya bersama, serta sarana untuk saling bertukar informasi. Biasanya, jaringan LAN juga banyak digunakan di warung internet (warnet) yang berfungsi sebagai jaringan untuk menyambungkan semua komputer ke router utama. Dengan jaringan LAN atau yang lebih sering terdengar sebagai kabel LAN, maka akses dari satu komputer ke komputer lain menjadi mudah.

2.    Metropolitan Area network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah sebuah jaringan yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya saja ukuran yang digunakan biasanya lebih luas dari pada LAN. Selain itu, MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau dengan kata lain dapat dimanfaatkan dalam suatu daerah di dalam kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN pun mampu menunjang data dan suar, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau kabel tv seperti Telkomvision, Indovision, dan lainnya.

3.    Wide Area Network (WAN)
Tipe jaringan komputer secara geografis yang berikutnya adalah Wide Area Network (WAN). WAN adalah sebuah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN, dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai. Jadi WAN berguna untuk interaksi antar negara dan antar benua.

4.    Internet
Internet adalah kumpulan dari beberapa jenis jaringan yang berbeda, seperti jaringan LAN, jaringan WAN, atau bahkan keduanya, sehingga mampu mencapai ke seluruh penjuru dunia yang saling terkoneksi. Internet sangat berguna sebagai akses tercepat dalam pemberitaan informasi dari satu daerah ke daerah lain tanpa terhalang oleh jarak dan waktu.

Tropologi Jaringan

Tropologi jaringan adalah susunan atau pemetaan interkoneksi antara node, dari suatu jaringan, baik secara fisik (riil) dan logis (virtual). Tropologi menggambarkan metode yang digunakan untuk melakukan suatu sistem pengabelan secara fisik dari suatu jaringan. Sedangkan tropologi fisik jaringan adalah cara yang digunakan untuk menghubungkan workstation-workstation di dalam LAN tersebut. Selain itu, tropologi jaringan fisik dibagi dalam beberapa macam, diantaranya:

1.    Tropologi Bus atau Linier
Tropologi bus merupakan tropologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel coaxial. Karakteristik dari tropologi ini yaitu memiliki satu kabel yang kedua ujungnya ditutup, dimana sepanjang kabel tersebut terdapat node-node yang paling prevevalent karena sederhana dalam instalasi. Sinyal yang diterima tersebut melewati kabel 2 arah.

2.    Tropologi Ring
Tropologi ring adalah tropologi yang informasi dan data serta trafficcnya disalurkan sedemikian rupa. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan fiber optic sebagai sarananya. Karakteristik tropologi ini yaitu lingkaran tertutup yang berisi node-node dan merupakan tropologi yang sederhana dalam layout. Sinyal mengalir dalam satu arah.

3.    Tropologi Star
Tropologi star merupakan tropologi yang banyak digunakan di berbagai tempat, karena kemudahan untuk menambah, mengurangi, atau mendeteksi kerusakan jaringan yang ada. Karakteristik tropologi ini yaitu setiap node berkomunikasi langsung dengan central node. Selain itu, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi. Lalu, karakteristik tropologi star ini juga mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node. Satu lagi keuntungan dari tropologi ini yaitu jika satu kabel node terputus maka kabel yang lainnya tidak akan terganggu.

4.    Tropologi tree
Tropologi tree merupakan tropologi jaringan dimana tropologi ini merupakan gabungan atau kombinasi dari ketiga tropologi yang ada yaitu tropologi star, tropologi ring, dan tropologi bus.

Model Hubungan Client-Server

Client-server dikenal sebagai arsitektur yang paling banyak digunakan saat ini, dimana client dapat melakukan proses sendiri. Ketika client meminta data, server akan mengirimkan data sesuai yang diminta. Kemudian proses akan dilakukan di client. Arsitektur client-server memiliki beberapa kelebihan, antara lain: Pemrosesan ini dapat dilakukan di komputer client, sehingga data dapat diproses sesuai dengan kebutuhan client. Lalu, proses juga tetap akan berjalan meskipun terjadi kemacetan mesin.

Pada arsitektur client-server hanya dibutuhkan mesin-mesin yang sederhana, sehingga dapat mengurangi biaya dalam membangun sistem. Kelebihan yang paling baik yaitu mudah dalam melakukan up-grade pada perangkat sistem. Dan yang terakhir adalah dapat menggunakan berbagai platform aplikasi pada client.
 



Saat ini agan sedang membaca artikel Mengenal Lebih Dalam Struktur atau Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)