Responsive Ads Here

Saturday, March 16, 2013

Tips N Trik Memperbaiki Bugs Windows Sendiri

Lihatlah @ku - Bagi Anda pengguna Windows, mungkin pernah mengalami beberapa bug Windows yang benar-benar menjengkelkan. Komputer Windows bisa sangat mengganggu dengan segala macam fitur yang bisa memperlambat pekerjaan Anda, mengalihkan perhatian dari pekerjaan atau apapun yang ingin dilakukan.

Banyak dari fitur-fitur tersebut ada untuk alasan yang baik dan berguna untuk beberapa orang, namun untuk sebagiannya lagi fitur-fitur ini hanya mengganggu. Anda bisa terbebas dari bug Windows ini dengan menonaktifkannya, ini akan membuat pengalaman menggunakan komputer Windows menjadi lebih baik. Berikut ini adalah tips dan trik Windows untuk mengatasi gangguan ini.

Konfirmasi Menghapus File

Windows 7 akan meminta konfirmasi setiap kali Anda menghapus file. Jika Anda menghapus file secara berkala, ini bisa jadi hal yang sangat menjengkelkan. Anda selalu bisa kembali mendapatkan file yang telah dihapus dari recycle bin atau menggunakan pilihan undo pada Windows Explorer. Untuk menonaktifkan konfirmasi ini, klik kanan ikon Recycle Bin pada desktop dan pilih Properties. Hilangkan tanda cek pada pilihan Display delete confirmation dialog.

Caps Lock


Apakah ada yang benar-benar menggunakan Caps Lock untuk suatu pekerjaan khusus? Satu-satunya alasan saat kebanyakan orang menekan tombol Caps Lock adalah karena tidak sengaja, sehingga teks berubah menjadi huruf besar.

Untungnya, Anda bisa menonaktifkan tombol Caps Lock pada Windows dengan mengubah pengaturannya di Windows Registry. Unduh file disable_caps_lock.reg, kemudian klik dua kali dan Anda tidak akan memiliki tombol Caps Lock lagi. Ketika Anda menekan tombol tersebut pada keyboard, tidak akan terjadi apa-apa.

Multi-Klik untuk Mengaktifkan Jendela dari Taskbar


Taskbar Windows 7 merupakan peningkatan dari taskbar Windows klasik, tapi mengalami kemunduran dalam satu hal. Ketika beberapa jendela terbuka untuk program yang sama, mengklik ikon taskbar akan membuka daftar thumbnail dari jendela yang telah Anda buka. Anda harus mengklik sekali lagi untuk membuka jendela program. Dengan kata lain, Anda membutuhkan dua kali klik untuk mengembalikan jendela Anda, bukan satu klik.

Anda dapat mempercepat ini, membuat satu klik pada ikon taskbar untuk mengembalikan jendela yang terakhir digunakan. Ini juga membutuhkan registry hack. Tekan tombol Windows, ketik regedit, dan tekan Enter untuk membuka editor registry. Arahkan ke tombol berikut HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced. Klik kanan di panel kanan, pilih DWORD value, dan beri nama LastActiveClick. Klik dua kali pengaturan LastActiveClick dan ubah value data menjadi 1. Anda harus log out dan log in kembali setelah melakukan ini.

Perintah Restart Windows Update

Setelah Windows menginstal update secara otomatis, ini akan meminta Anda untuk me-restart setiap 4 jam. Banyak tweak untuk menonaktifkan pop-up ini namun tidak bekerja dengan baik. Solusi yang tepat adalah mengatur Windows Update ke Download updates but let me choose whether to install them. Ketika Anda siap untuk menginstal update, Anda bisa memberitahu Windows untuk mengunduh update, kemudian Anda dapat me-restart komputer Anda. Windows akan menunggu sampai Anda mengijinkannya untuk menginstal update, sehingga Anda hanya dapat menginstal update ketika Anda siap untuk me-restart, bukan ketika Anda sedang bekerja. Untuk mengakses pengaturan ini, buka control panel Windows Update dan klik Change settings di sidebar.

Suara Windows


Secara default, Windows mengaktifkan banyak suara. Beberapa orang mungkin menyukai ini, namun orang lain lebih menyukai menikmati musik mereka atau hanya diam. Anda dapat menonaktifkan suara-suara tersebut dengan mengklik kanan pada ikon speaker di sistem tray? dan pilih Sounds. Pilih No Sounds dalam kotak Sound Scheme untuk menonaktifkan semua suara. Anda juga bisa mengubah atau menonaktifkan masing-masing suara dari sini jika Anda menginginkannya.

Action Center Messages

Pesan Windows Action Center bisa berguna, misalnya mereka mengingatkan jika Anda tidak memiliki antivirus. Namun Action Center juga menyediakan pesan lain yang mungkin tidak berguna. Misalnya, pesan yang meminta Anda untuk mengaktifkan Windows Backup. Jika Anda menggunakan solusi backup lain, ini akan mengganggu.

Untuk menonaktifkan pesan tersebut, buka Action Center dengan mengklik ikon bendera di sistem tray dan pilih Open Action Center. Klik Change Action Center settings di sidebar dan hilangkan tanda cek pada jenis pemberitahuan yang tidak ingin Anda terima, dalam hal ini Windows Backup.

Aero Shake

Aero Shake adalah salah satu fitur Windows 7 yang berfungsi untuk me-minimize semua jendela aplikasi yang terbuka kecuali aplikasi aktif dengan menggerakkan mouse. Fitur ini berpotensi mengganggu, untuk menonaktifkannya juga membutuhkan registry hack. Unduh file Disable_Aero_Shake.reg dan jalankan untuk mencegah hal ini terjadi lagi.

Sticky Keys

Sticky Keys adalah fitur aksesibilitas yang berguna bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian orang Sticky Keys akan mengganggu jika kita tidak sengaja mengaktifkannya. Ketika Anda menekan tombol Shift kiri sebanyak lima kali, pop-up Sticky Keys akan muncul. Klik pilihan Go to the Ease of Access Center to disable the keyboard shortcut ketika pop-up tersebut muncul. Tips dan trik Windows untuk menghentikan ini adalah hilangkan tanda centang pada pilihan Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed five times. Pop-up tersebut tidak akan muncul lagi.

Filter Keys

Filter Keys bekerja mirip dengna Sticky Keys. Ini akan muncul ketika Anda menahan tombol Shift kanan selama 8 detik. Setelah melakukannya, Anda akan melihat pop-up Filter Keys. Anda bisa menonaktifkan Filter Keys dengan cara yang sama seperti menonaktifkan Sticky Keys. [RIC]

Saat ini agan sedang membaca artikel Tips N Trik Memperbaiki Bugs Windows Sendiri di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)