Responsive Ads Here

Monday, July 1, 2013

Ilmuwan: Semua Orang Bermata Biru Itu Saling Terhubung


Lihatlah @ku - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim peneliti asal Denmark menunjukkan bahwa semua orang bermata biru berasal dari satu keturunan nenek moyang yang sama. Artinya, mereka semua mempunyai ikatan genetika yang sama antara satu dengan lainnya.

Tim peneliti memutuskan untuk meneliti DNA dari mitokondria sejumlah etnis dengan warna mata biru, yakni Yordania, Denmark dan Turki. Penelitian ini melibatkan 155 orang responden.

Hasilnya, mereka menduga hal ini terjadi karena adanya mutasi genetik yang mempengaruhi perubahan warna mata. Demikian disadur dari Softpedia, Sabtu (29/6/2013).

“Mulanya, kita semua memiliki mata berwarna cokelat. Tetapi, mutasi genetic yang mempengaruhi gen OCA2 dalam kromosom yang ‘mematikan’  saklar yang secara harafiah mampu menghasilkan mata cokelat,” kata ketua peneliti dari University of Copenhagen, Profesor Hans Eiberg.

Menurut penelitian, saklar dalam Deoxyribonucleic acid (DNA) bertugas untuk mengatur pigmentasi mata, rambut dan kulit. Jika mutasi benar-benar dinonaktifkan oleh gen OCA2, maka semua orang yang bermata biru akan menjadi albino atau tidak memiliki pigmen sama sekali.



Saat ini agan sedang membaca artikel Ilmuwan: Semua Orang Bermata Biru Itu Saling Terhubung di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)