Responsive Ads Here

Wednesday, August 15, 2012

Adam, Manusia Pertama Di Bumi ( I )

Lihatlah @ku - Beribu-ribu tahun sebelum manusia diciptakan Allah, alam semesta dan semua isinya telah ada. Di atas bumi yang terbentang luas, berdiri gunung-gunung tinggi, menjadi tiang bumi. Lautan yang membentang, sungai-sungai yang panjang, hutan belantara dan danau-danau menjadi sumber kehidupan tamana dan hewan-hewan.

Di bumi terdapat banyak hutan dan padang ilalang di mana tanaman tumbuh subur: pohon buah-buahan, bunga-bungaan dan tanaman penghasil bahan makanan seperti padi dan gandum.

Selain tumbuh-tumbuhan , adapula binatang. Allah telah menciptakannya dalam ribuan jenis. Ada yang hidup di air, misalnya ikan.ada juga burung-burung yang terbang di udara. Dan yang hidup di darat banyak sekali ragamnya. Ada binatang yang bisa dimakan dagingnya, ada yang bisa dijadikan tunggangan, dan ada juga yang menghasilkan susu dan madu.

Banyak binatang-binatang yang hidup di jaman itu sudah tidak ada lagi di abad ini. Sekarang kita hanya mengetahuinya dari sisa-sisa fosil yang ditemukan. Salah satunya adalah dinosaurus.

Kita bisa melihat peninggalan-peninggalan itu di museum-museum besar dan terkenal.

Sebelum manusia ada, Allah SWT telah menciptakan malaikat. Jumlahnya jutaan dan bahkan miliyaran! Walaupun tak terlihat oleh kita, tapi bumi, langit dan seisinya ini penuh malaikat. Bahkan Rasulullah pernah bersabda bahwa setiap tetes hujan yang turun selalu disertai malaikat.

Allah menciptakan malaikat dari cahaya. Tugasnya adalah beribadah dan menjalankan semua perintah Allah. Mereka selalu berdzikir dan mensucikan asma Allah. Malaikat-malaikat ini tidak makan, tidak tidur, dan selalu siap melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah SWT.

Dari sekian banyak malaikat, yang kita ketahui namanya hanya 10 malaikat. Yang paling dikenal adalah malaikat Jibril, pemimpin para malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi. Kita juga mengenal Izrail – malaikat pencabut nyawa, Malik – penjaga neraka, Mikail – malaikat kesuburan alam, Munkar dan Naqir – malaikat penjaga kubur yang akan menanyai manusi di liang lahat. Ada lagi malaikat Raqib dan ‘Atid – yang menuliskan semua alam baik dan buruk seseorang.

Ada beberapa malaikat yang namanya sesuai dengan tugas-tugas yang diberikan Allah, misalnya malaikat yang menurunkan hujan, yang menjaga pintu surge, yang menjaga iklim, dan sebagainya. Selain yang sudah disebut di atas, masih banyak sekali malaikat yang tidak kita ketahui nama dan tugasnya.

Waktu hendak menciptakan manusia, Allah SWT mengumpulkan semua malaikat. Allah berfirman; “Sesungguhnya aku hendak menjadikan Adam sebagai khaliah dimuka bumi”

Para malaikat heran mendengar pernyataan Allah itu. Bukankah sudah ada makhluk ciptaan seperti mereka? Jumlah merekapun banyak, dan semuanya amat patuh menjalankan perintah Allah.

Kemudian para malaikat bertanya kepada Allah; “Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi? Mereka akan membuat kerusakan dan pertumpahan darah. Sedangkan kami senantiasa bertasbih mensucikan-Mu.”

“Aku lebih mengetahui apa-apa yang tidak kamu ketahui.” firman Allah. Jawaban Allah ini membuat para malaikat sadar bahwa Allah-lah Sang Maha Pencipta segala sesuatu. Sesungguhnya para malaikat juga tidak tahu untuk apa mereka mula-mula diciptakan.

Tak lama kemudian Allah SWT menciptakan manusia pertama dari tanah liar kering. Setelah tubuhnya terbentuk, Allah meniupkan ruh, maka tubuh itu bisa bergerak, hidup dan berfikir. Manusia pertama ini bernama Adam dan Allah menempatkannya di surga.

Waktu malaikat memperhatikan makhluk ciptaan Allah yang baru ini, turunlah perintah Allah kepada mereka.

“Coba, kalau kalian tahu, sebutkanlah nama benda-benda!”.

Para malaikat bingung. Mereka merasa tidak pernah tahu dan tidak mendapat pelajaran tentang hal itu dari Allah.

Kemudia Allah member perintah kepada Adam “Wahai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama benda-benda ini!”

Untuk cerita kelanjutannya, Agan bisa membacanya di Adam, Manusia Pertama Di Bumi ( II).



Saat ini agan sedang membaca artikel Adam, Manusia Pertama Di Bumi ( I ) di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)