Responsive Ads Here

Tuesday, December 9, 2014

Konsep Teknologi

Nama : Muhammad Fiqih Al farouq
NIM   : 1304151
Kelas : Pendidikan Ilmu Komputer B

KONSEP TEKNOLOGI



Pengertian Konsep Teknologi

Teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dari zaman ke zaman. Bahkan hampir tidak mungkin bahwa perkembangan teknologi ini tersaingi oleh perkembangan-perkembangan lainnya. Pada mulanya, teknologi ini hanya merupakan sebuah alat yang dipakai untuk membantu pekerjaan manusia. Namun, pada nyatanya dengan perkembangan sekarang ini, teknologi sudah beralih fungsi menjadi sebuah jasa. Sebagai contoh seperti kegiatan surat- menyurat di Indonesia yang sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, rotan, dan lempengan batu. Daun lontar dikenal juga dengan nama daun pohon nira, daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah. Namun bagaimana dengan sekarang? Apakah masih sama? Tentu jawabannya tidak! Kenapa, karena pada masa sekarang ini manusia sudah memanfaatkan sebuah teknologi yang bernama “internet”. Dengan adanya internet ini, komunikasi jarak jauh-pun dapat dilakukan dengan seketika. 

Internet yang tadinya hanya media komunikasipun sekarang berubah fungsinya menjadi lebih kompleks lagi. Perkembangan terkini, dunia pendidikan memiliki e-learning; dunia bisnis sibuk dengan e-commerce; pemerintah memulai e-government-nya. Demikian semaraknya, sekarang apapun di-e-kan seperti e-banking, e-tax, e-registration, e-campus, e-book, e-ini, e-itu, “e-ntah” apa lagi. E-learning menyediakan jasa pendidikan bagi orang dewasa dan pelatihan instruktur bagi para guru (pengajar) di seluruh dunia, contohnya (http://www.learnebility.com).

Hal-hal yang telah dipaparkan tadi merupakan salah satu contoh saja dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Itulah yang dinamakan dengan konsep teknologi, dimana gagasan atau ide tentang pandangan manusia terhadap suatu objek dapat direalisasikan dengan serangkaian prinsip atau metode rasional.

Dalam teknologi mengandung dua dimensi, yakni science dan engineering. Engineer itu seperti apa? Membuat sesuatu yang sebelumnya belum ada, scientist mencoba memahami apa yang sudah ada di alam (nature), engineers menciptakan teknologi, dan kata seorang engineer “We live in a man-made world”.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Tak jauh berbeda dengan perusahan ponsel, merekapun kini sedang gencar melakukan penawaran-penawaran produk kepada konsumen dengan terlebih dahulu mengetahui segmentasi pasar yang kemudian menyesuaikan dengan harapan dan ekspektasi konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Jika  saya boleh ambil contoh, saya akan mengambil diantaranya adalah Android, iPhone, Windows Phone, dan Blackberry. Kemudian setelah mereka melakukan strategi pemasarannya maka:
  • Android

Data dari Strategy Analytics mengungkapkan, Android saat ini telah menguasai 85% pasar ponsel pintar (smartphone) di dunia pada kuartal dua (Q2) 2014. Demikian dilaporkan The Times of India, Minggu (3/8/2014).

Pengapalan smartphone secara global naik 27% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 295,2 juta. Dari jumlah tersebut 84,6% di antaranya didominasi oleh smartphone Android. Layanannya yang murah dan software yang user-friendly masih menjadi daya tarik bagi pembuat hardware, operator dan konsumen di seluruh dunia.
  • iPhone

iPhone berada di posisi kedua dengan penjualan 35 juta pada kuartal tersebut. Namun pangsa pasar Apple turun menjadi 11,9% dari 13,4% tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan tidak semua konsumen yang menginginkan fasilitas iPhone ini dapat mendapakannya, sebab factor harga menjadi sangat berpengaruh bagi kawasan-kawasan tertentu, seperti negara berkembang, termasuk Indonesia. 
  • Windows Phone

Windows Phone berada di peringkat ketiga dengan penjualan 8 juta unit pada kuartal tersebut, turun dari sebelumnya 8,9 juta pada periode yang sama tahun lalu. Pangsa pasar Windows Phone kini turun menjadi 2,7% dari sebelumnya 3,8%. Ini merupakan hasil buruk yang didapat oleh produsen Windows Phone dan seperti yang telah kita dengar bahwa Windows Phone yang notabene kental dengan produk-produk Nokia kini telah diakuisisi oleh produsen Piranti Lunak yakni Microsoft. Kita tunggu saja terobosan selanjutnya!
  • Blackberry

Posisi keempat diduduki oleh BlackBerry. Vendor ponsel asal Kanada itu semakin terpuruk. Penjualan smartphone BlackBerry turun 66% menjadi 1,9 juta unit, dengan pangsa pasar hanya 0,6%. Seperti kehilangan sihirnya karena dengan keluarnya atau lebih tepatnya dengan menjadi gratisnya layanan mereka yakni BBM atau Blackberry Messenger, menurut saya itulah mengapa penurunannya semakin signifikan.

Testing Blackbox dan Whitebox

White-box testing. (juga dikenal dengan clear box testing, glass box testing, transparent box testing, dan structural testing) Dalam White-box testing, kita membuat test cases dengan melihat source code untuk mencari adanya kesalahan pada program. White-box testing dilakukan oleh Software Engineer karena membutuhkan pengetahuan tentang programming dan implementasinya. Hal-hal yang biasa diuji dalam test cases seperti Loops(while or for loop), Decision Making (if statement or switch statement) atau data structure.

Keuntungan White-box testing:
  • Sebagai Software engineer yang memiliki akses ke source code, hal ini menjadi sangat mudah untuk melakukan skenario pengujian secara efektif.
  • Membantu Software engineer untuk mengoptimalkan source code.
  • Baris kode yang tidak efisien dapat dihilangkan agar mencegah bugs pada program.
Kerugian White-box testing:
  • Karena dibutuhkan Software engineer yang berpengalaman dalam White-box testing sehingga mengeluarkan biaya tambahan.
  • Terkadang sangat sulit melihat setiap baris kode untuk mencari bugs pada program yang akan diuji.


Black-box testing. Sedangkan Black-box testing merupakan kebalikan dari White-box testing dimana Software Tester tidak memiliki akses source code atau mengetahui implementasi dari program tersebut untuk mencari adanya kesalahan pada program dan juga tidak diharuskan memiliki pengetahuan tentang programming dan implementasinya. Ketika melakukan Black-box testing, tester akan berinteraksi dengan user interface yang menyediakan input dan memeriksa outputnya, juga menguji performa program atau menguji function-function yang tidak bekerja dengan benar.

Keuntungan Black-box testing:
  • Cocok dan efisien untuk source code dengan skala besar.
  • Menguji program dari sudut pandang user.
  • Software tester dalam jumlah yang banyak dapat menguji program tersebut tanpa harus memiliki pengetahuan tentang programming.
Kerugian Black-box testing:
  • Software tester hanya menjalankan beberapa skenario pengujian yang dipilih.
  • Pengujian yang tidak efisien karena Software tester memiliki pengetahuan yang terbatas tentang program.
  • Pengujian yang tidak spesifik karena Software tester tidak memiliki akses ke source code.


Siklus Hidup Produk(Xiaomi, iPhone, Blackberry)

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan jasa bersedia melakukan investasi dalam teknologi ini, yaitu antara lain untuk menjaga pangsa pasar, menghindari rugi, menciptakan fleksibilitas dan adaptibilitas yang lebih besar, meningkatkan responsiveness produk baru, meningkatkan kualitas jasa, meningkatkan moral karyawan, memperbaiki kualitas hidup dan mengurangi ketidakpastian operasi. Sedangkan tren teknolgi dalam bisnis jasa dodorong oleh meningkatnya keinginan untuk swalayan (self service), berkurangnya pentingnya lokasi, perpindahan transaksi yang tergantung waktu kepada yang tidak tergantung waktu, dan meningkatnya disintermediaries atau menghilangkan perantara (Kenneth, 2004, 50-53).

Sejalan dengan itu Fitzsimmons berpendapat bahwa hadirnya teknologi dalam bisnis jasa adalah juga karena munculnya self service dan otomasi dalam jasa. Self service dapat mengurangi biaya tenaga kerja serta dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penyesuaian (customization), keakuratan, kenyamanan dan kecepatan.

Jika mengambil contoh produsen yang dengan skala besar menggunakan jasa internet, mereka adalah Xiaomi. Kenapa? Karena seperti kita tahu bahwa Xiaomi ini adalah produsen smartphone pendatang baru jika dibandingkan dengan iPhone atau Blackberry. Namun, Xiomi ini ibarat iPhonenya Cina (karena Xiaomi merupakan produsen Cina) benar-benar menerapkan staregi yang sangat baik dalam bidang Marketing. Mereka tahu bahwa konsumen akan tertarik dengan produk yang pada dasarnya memiliki spek tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau, kemudian mereka memanfaatkan media social sebagai media untuk ajang promosi mereka, dengan mengemasnya menjadi lebih menarik maka bukan tidak mungkin setiap orang yang melihatnyapun akan tertarik dan dengan cara itu pula biaya pengeluaran dapat ditekan semaksimal mungkin karena tidak memerlukan biaya operasional dan lain-lain. Hal ini dapat dilakukan karena Xiaomi memiliki orang-orang yang kompeten dibidangnya masing-masing, seperti pada saat mereka merekrut duo google’s yakni Hugo Barra dan rekan. Merekapun selalu menawarkan produk mereka dengan cara online dan dengan system pre-order untuk produk barunya, hal ini sangat baik dilakukan karena disaat konsumen gencar memburu ponsel pintar ini mereka justru seakan menahan agar konsumen dapat lebih bersabar, inilah yang menlambungkan nama Xiaomi seakan menjadi permata di tepian pasir.

Disandingkan dengan produk lain, yakni iPhone, mereka memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan pemasaran. Salah satu caranya adalah, dengan focus dalam meningkatkan kualitas produk mereka karena seperti yang kita tahu bahwa produk dari iPhone ini hanya berjejeran dari iPhone 1 sampai dengan iPhone sekarang iPhone 6, hal ini justruu berbanding terbalik dengan produk-produk yang sedang berkembang. Seperti yang diketahui bahwa teknologi di smartphone ini bias dibilang setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel pintar-ponsel pintar lainnya atau pada umumnya. Dalam mencapai titik puncaknya, mereka benar-benar melakukan strategi yang matang, dengan mencari target yang potensial, itu merupakan hal yang harus dilakukan jika iPhone ingin terus berada di puncak kejayaannya. Maka dari itu, pemasaran iPhone di negara-negara berkembang, seperti Indonesia ini, pasokan barangnya tidak sebanyak di negara-negara maju. 

Untuk Blackberry, bisa disebut sebagai ‘raja yang telah runtuh’ karena saya kurang tahu juga, apakah sengaja atau tidak menggratiskan BBM di perangkat lain, karena menurut saya ini merupakan awal mula penurunan pada produk Blackberry. Dengan menggunakan strategi yang itu-itu saja seharusnya menurut saya mereka melakukan beberapa inovasi terharap produk-produk mereka.

Konsep Ruang dan Waktu

Pada ruang dan waktu ada 4 contoh yaitu :
  • Ruang/tempat sama dan waktu sama, contohnya : presentation systems, Group Decision Support System (GDSS).
  • Ruang/tempat sama tetapi waktu berbeda, contohnya : Trasaction databases, World Wide Web (WWW), E-mail, Voice Mail.
  • Ruang/tempat berbeda tetapi waktu sama, contohnya: Telepon, computer conferencing, video telephone/conferencing, Nonrecorded radio atau TV broadcast.
  • Ruang/tempat berbeda dan waktu berbeda, contohnya: Trasaction databases, World Wide Web (WWW), Electronic Data Interchange (EDI), E-mail, Voice Mail, Fax, Prerecorded radio or TV broadcast.


Referensi :
http://tekno.liputan6.com/read/2085877/android-kuasai-85-pasar-smartphone-dunia
http://www.purwadhikapress.com/apa-perbedaan-antara-white-box-testing-dan-black-box-testing.html
http://raaratiara.blogspot.com/2011/10/teknologi-bidang-jasa.html
http://budi.staf.upi.edu


Saat ini agan sedang membaca artikel Konsep Teknologi  di blog Lihatlah @ku. Semoga artikel yang agan baca ini dapat bermanfaat. Jangan lupa BERKOMENTAR dengan baik di blog ini ya? :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Karena jika ada komentar yang mengandung SPAM, akan segera dihilangkan. Terima kasih :)